Untaian Kata

Salam - salam

Assalamu'alaikum para pengunjung yang budiman....Semoga Blog ini bermanfaat

Selasa, 21 Desember 2010

Rahasia Menuju Bisnis yang Sukses Model Rasulullah SAW

SUKSES ALA RASULULLAH SAW


Ba'da tahmid dan sholawat kepada Rasulullah Sallahu'alaihi wassalama.

Sahabat, dalam hal apapun Rasulullah memang tidak ada duanya. Beliau selalu menjadi contoh dalam berbagai aspek. Salah satunya adalah aspek bisnis yang digeluti beliau lebih lama dari masa Kenabiannya. Modal yang beliau miliki semenjak beliau kecil sampai beliau melakukan ekspansi keluar negeri dalam usia yang relatif muda adalah sebagai berikut.
BEKERJA = IBADAH, karena bekerja merupakan perintah dari Allah Subhanahu Wa ta'ala.
"Bekerjalah kamu maka Allah dan Para Malaikat serta orang-orang beriman Melihat pekerjaanmu."
JUJUR & DAPAT DIPERCAYA, karena kejujuran adalah modal yang sangat penting dalam hal apapun, terutama dalam hal bisnis. Bisnis yang tidak dilakukan dengan kejujuran, maka tidak mendatangkan keberkahan.
BERFIKIR VISIONER, KREATIF DAN SIAP MENGHADAPI PERUBAHAN, Berfikir Visioner, kreatif dan siap menghadapi perubahan atau Agen of change dalam dunia bisnis sangat diperlukan untuk mudah bersaing secara sehat dengan pihak luar. karena seorang pebisnis harus dapat melihat peluang ke depan seperti apa, agar dapat mengatisipasi perubahan zaman yang semakin pesat.

PERENCANAAN & MEMILIKI TUJUAN YANG JELAS, seorang pebisnis harus memiliki goals yang jelas. agar bekerjanya fokus terhadap tujuan.

PERHATIAN TERHADAP KARYAWAN, Seorang atasan harus memiliki sifat peduli terhadap bawaan. karena dengan peduli terhadap mereka berarti telah menghargai hasil kerja mereka. bahkan Rasulullah SAW bersabda "Bayarlah upah mereka (buruh) sebelum keringat mereka kering" (Al-Hadits)
BEKERJA DENGAN CERDAS, seorang pebisnis tidak bisa hanya mengandalkan kerja keras, tetapi juga kerja keras. 
MENGEMBANGKAN SINERGISITAS. (Bekerja dengan team lebih baik daripada menjadi seorang super man. kalau kita bersinergi, pekerjaan akan semakin ringan. dan sukses bersama lebih baik dari pada sukses sendiri. oleh karena itu Rasulullah mengajarkan untuk membangun teamwork, agar terjalin kerjasama dengan baik.

BEKERJA DENGAN PENUH CINTA, semakin kita mencintai pekerjaan kita maka semakin mudah kita melakukan pekerjaan tersebut.
BERSYUKUR, Dengan bersyukur akan menambah nikmat dalam usaha yang sedang kita jalani,berapa pun yang kita dapat maka syukurilah.

BERDAMPAK MANFAAT BAGI ORANG LAIN. "Khairunnas anfauhum linnas, Sebaik-baik kalian adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain"Setidak-tidaknya point-point tersebut di atas yang dapat kita kaji dari perilaku Rasulullah dalam mencapai kesuksesan dalam bisnisnya. Tidak diragukan lagi bahwa bisnis yang dikembangkan oleh Muhammad Rasulullah endingnya adalah kesuksesan, bagaimana tidak, meski beliau berlatar belakang bukan dari keluarga kaya dalam hal materi, bahkan beliau dilahirkan dalam keadaan yatim. Namun tidak demikian akhirnya, beliau awali karir bisnisnya dengan mengembalakan ternak milik orang lain, lalu melalui visi, perencanaan, serta kejujurannya beliau sampai mampu bersinergi dengan para investor besar, sehingga pengembang bisnis yang beliau jalankan sungguh luar biasa.

Patutlah kita mencotoh beliau dalam berperilaku bisnis, dan insya Allah kesuksesan akan menanti di depan.

Dan yang terpenting lagi adalah tidak lupa akan factor x, yaitu hubungan kita dengan sang Maha Pencipta, Sang Maha Pemelihara, karena keridlaan-Nya adalah kesuksesan terbesar bagi kehidupan kita.

Bersyukurlah atas segala yang kita raih, karena dengan bersyukur Allah akan melipatgandakan hasil yang kita raih, hindarilah dari kekufuran atas nikmat yang telah Allah berikan, semakin kita kufur, semakin jauh pula kita dari limpahan rahmat Allah. Wallahu'alam
diposting dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar